MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN MEMBATIK JUMPUTAN PADA SISWA TUNARUNGU

Authors

  • WIDIANA YULI PRASETYO
  • WAGINO

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh terbatasnya kemampuan membatik jumputan yang meliputi mengikat kain, membuat larutan pewarna, mewarna kain, dan melepas ikatan kain yang masih perlu dikembangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model pembelajaran langsung terhadap kemampuan membatik jumputan pada siswa tunarungu di SLB-B Dharma Wanita Sidoarjo.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre eksperimen. Desain penelitian one group pre test-post test design untuk memperoleh data kemampuan membatik jumputan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil penelitian diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Hasil pre-test 45,83 dan hasil post-test 79,2. Sehingga diperoleh Zh=2,20 lebih besar dibanding nilai krisis 5% Zt=1,96 yang dapat diartikan bahwa ada pengaruh pengaruh model pembelajaran langsung terhadap kemampuan membatik jumputan pada siswa tunarungu di SLB-B Dharma Wanita Sidoarjo.

Kata kunci : pembelajaran langsung, kemampuan membatik, jumputan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-05-31

Issue

Section

Articles
Abstract views: 66 , PDF Downloads: 88