PERMAINAN TRADISIONAL PETAK UMPET MODIFIKASI TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA TUNAGRAHITA RINGAN

  • HENY PURNAMASARI
  • ENDANG PUDJIASTUTI SARTINAH

Abstract

Abstrak : Anak tunagrahita ringan memiliki hambatan pada keterampilan sosial yang meliputi interaksi sosial, kerja sama, dan patuh terhadap aturan sehingga perlu ditingkatkan. Dalam penelitian ini keterampilan sosial anak tunagrahita ringan dapat ditingkatkan melalui permainan tradisional petak umpet modifikasi. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh permainan tradisional petak umpet modifikasi terhadap keterampilan sosial siswa tunagrahita ringan kelas VII di SLB Al-Falah Sembayat Gresik.

Rancangan penelitian menggunakan pre experimental jenis one-group pre-test post-test. Jumlah subyek penelitian sebanyak 6 siswa tunagrahita ringan. Rata-rata hasil pre-test 53,12 dan rata-rata hasil post-test 81,24 dengan pemberian intervensi sebanyak 8 kali di dalam kelas dan di luar kelas. Simpulan hasil penelitian H nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima, Z hitung (Zh) = 2,20 lebih besar dari Z tabel (Zt) = 1,96 dengan  = 5 %. Berarti terdapat pengaruh permainan tradisional petak umpet modifikasi terhadap keterampilan sosial siswa tunagrahita ringan.

Kata Kunci: Permainan, Petak Umpet Modifikasi, Keterampilan Sosial



Published
2019-06-11
Section
Articles
Abstract Views: 231
PDF Downloads: 931