PENGGUNAAN SOCIAL STORIES TERHADAP KEMAMPUAN PENGENALAN EKSPRESI EMOSI ANAK SPEKTRUM AUTIS

  • AISYAH RAHMA ERAWANJIE
  • BUDIYANTO

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini berdasarkan adanya hambatan dalam kemampuan pengenalan ekspresi emosi anak spektrum autis. Hambatan anak spektrum autis di SLB Harapan Bunda yaitu pengenalan ekspresi emosi yang dimiliki masih kurang. Melalui penggunaan social stories terhadap kemampuan ekspresi emosi anak spektrum autis diharapkan mampu mengembangkan kemampuan pengenalan ekspresi emosi anak spektrum autis di SLB Harapan Bunda. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penggunaan social stories terhadap kemampuan pengenalan ekspresi emosi anak spektrum autis.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimen dan jenis rancangan penelitian one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan observasi. Teknik anailsis data yang digunakan dalam analisis data penelitian ini yaitu wilcoxon matched pair test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa T=0 sama dengan nilai kritis (tabel) 5% (pengujian dua sisi) yaitu 0 berarti T, bahwa ada pengaruh penggunaan social stories terhadap kemampuan ekspresi emosi anak spektrum autis di SLB Harapan Bunda..

Kata kunci : social stories, pengenalan ekspresi emosi, autis

Published
2019-06-14
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 112