METODE FORWARD CHAINING TERHADAP KETERAMPILAN LAUNDRY BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN

  • TITAN JUWITA OKTAVIAN
  • ENDANG PUDJIASTUTI SARTINAH

Abstract

Abstrak: Pendidikan bagi siswa tunagrahita ringan di jenjang SMALB lebih diutamakan pada keterampilan vokasional, dengan keterampilan vokasional tersebut dapat dijadikan bekal untuk siswa tunagrahita ringan agar mampu mandiri. Keterampilan vokasional yang diberikan di SLB Siti Hajar Sidoarjo yaitu keterampilan laundry. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh metode forward chaining terhadap keterampilan laundry bagi siswa tunagrahita ringan.

Rancangan penelitian menggunakan pre experimental. Pada penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non-parametik. Jumlah subyek penelitian sebanyak 6 siswa tunagrahita ringan. Rata-rata hasil posttest sebanyak 89 dengan pemberian treatment sebanyak 10 kali. Dalam penelitian ini digunakan nilai kritis 5%. Berdasarkan oleh hasil analisis data dapat diketahui hasil nilai p(x) adalah 0,00217 yang lebih kecil dari nilai krisis a 5% yaitu 1,0000 . Apabila diketahui p(x) ≤ a maka membuktikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh metode forward chaining terhadap keterampilan laundry bagi siswa tunagrahita ringan“.

Kata Kunci: metode forward chaining, keterampilan laundry, tunagrahita ringan

Published
2019-06-19
Section
Articles
Abstract Views: 100
PDF Downloads: 79