MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA SISWA TUNARUNGU
Abstract
Abstrak: Standar kosakata anak usia 5 tahun ke atas lebih dari 1400 kata. Kosakata siswa tunarungu dirasa masih rendah atau belum mencapai standar. Penelitian ini menambah kosakata siswa kurang lebih 30 kata dengan diuji berupa tes tulis sejumlah 15 kata. Jenis penguasaan kosakata yang dikembangkan berbentuk pasif reseptif dan aktif produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model induktif kata bergambar terhadap pengusaan kosakata siswa tunarungu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental, dan rancangan penelitian one-group pretest-posttest design. Hasil rata-rata pretest menunjukkan nilai 63.33 dan hasil rata-rata posttest mendapatkan nilai 83.33. Treatment diberikan sebanyak 6 kali pertemuan. Hasil nilai yang diperoleh siswa NI mendapatkan nilai tertinggi dan siswa RG mendapatkan nilai terendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model induktif kata bergambar terhadap penguasaan kosakata siswa tunarungu secara signifikan dengan hasil Zh=2,52 lebih dari Zt=1,96 dengan nilai kritis 5%.
Kata Kunci: Induktif Kata Bergambar, Kosakata, Tunarungu.
PDF Downloads: 75