PENERAPAN TASK ANALYSIS DALAM PEMBELAJARAN BINA DIRI BAGI ANAK AUTIS DI SLB

  • LUKLUUL FAKHMA
  • PAMUJI

Abstract

Abstrak: Bina diri merupakan kemampuan dalam memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari yang dimiliki oleh setiap manusia. Kemampuan bina diri penting untuk diajarkan kepada anak autis agar mereka dapat mandiri di lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari task analysisdalam pembelajaran bina diri bagi anak autis di SLB Mutiara Hati Sidoarjo. Rancangan penelitian menggunakan pre experimental jenis one-group pre-test post-test. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 8 anak autis. Rata-rata nilai pre-test 34,68dan rata-rata nilai post-test70,15dengan pemberian treatment/intervensi sebanyak 8 kali di dalam kelas. Simpulan penelitian ini H nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima, Z hitung (Zh) = 2,52 lebih besar daripada Z tabel (Zt) = 1,96 dengan nilai signifikansi= 5%. Jadi task analysis berpengaruh dalam pembelajaran bina diri bagi anak autis di SLB Mutiara Hati Sidoarjo.

Kata kunci: task analysis, bina diri, autis

Published
2019-07-01
Section
Articles
Abstract Views: 319
PDF Downloads: 217