STUDI PEMANFAATAN GAME EDUKASI BELAJAR ANGKA DAN MUDAH BERHITUNG (BAMBER) BERBASIS ANDROID TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK AUTIS

  • CITRA NOFITA NUR AMALIA
  • WAGINO

Abstract

Abstrak: Berhitung merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari-hari yang perlu diajarkan kepada anak sejak dini. Perkembangan Teknologi telah merambat kedunia pendidikan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan untuk dapat menunjang siswa autis dalam berhitung adalah game edukasi Bamber berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak autis melalui pemanfaatan game edukasi Bamber di SLB Mutiara Hati Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dan model desain yang digunakan adalah multi-case study. Data tersebut diperoleh melalui observasi dan tes tulis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian melalui pemanfaatan game edukasi Bamber berbasis Android.

Kata Kunci = kemampuan berhitung, siswa autis, dan game edukasi Bamber.

Published
2019-07-01
Section
Articles
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 70