METODE APPLIED BEHAVIOUR ANALYSIS (ABA) BERMEDIA QUIET BOOK TERHADAP KEMAMPUAN DAILY LIVING SKILLS (DLS) ANAK AUTIS

  • HILDA NUR WIDYAWATI
  • FEBRITA ARDIANINGSIH

Abstract

Abstrak : Kemampuan daily living skills (DLS) pada anak autis masih kurang dalam aspek memasang dasi, mengancingkan baju, menresleting jaket dan celana, memasang tali maupun perekat sepatu, serta fungsi kemandirian umum lainnya, karena dalam pembelajaran metode dan media pembelajaran yang digunakan kurang menarik minat anak autis. Untuk melatih kemampuan daily living skills (DLS) dapat dengan mengalihkan perhatian anak dengan sesuatu hal yang menarik perhatian anak melalui hal-hal yang disukai oleh anak autisme sehingga dapat meningkatkan kemampuan daily living skills (DLS). Berkaitan dengan hal tersebut kemampuan daily living skills (DLS) anak autis di TK Mentrai Schoool Sidoarjo perlu dioptimalkan dengan menggunakan metode Applied Behavior Analys (ABA) bermedia quiet book. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode Applied Behavior Analys (ABA) bermedia quiet book terhadap kemampuan daily living skills (DLS) anak autis di TK Mentari School Sidoarjo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental design dengan rancangan penelitian one group pre-test dan post-test. Teknik statistik yang digunakan dalam menganalisis data adalah dengan menggunakan wilcoxon matched pairs test. Teknik pengumpulan data berupa test dan observasi. Dalam penilitian ini, hasil penelitian menu njukkan bahwa T = 0 sama dengan nilai krisis Tα (tabel) 5% ( pengujian dua sisi ) yaitu 2 berarti T ≤ Tα, yang dapat diartikan bahwa ada pengaruh metode Applied Behavior Analys (ABA) bermedia quiet book terhadap kemampuan daily living skills (DLS) anak autis di TK Mentari School Sidoarjo. Kata Kunci : Metode ABA, media Quiet Book, kemampuan daily living skills (DLS), autis.
Published
2019-07-01
Section
Articles
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 157