PENDEKATAN TOP DOWN TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA TUNARUNGU KELAS IV

  • RHISMA RACHMAWATI
  • ENDANG PURBANINGRUM

Abstract

Abstrak: Dampak ketunarunguana mengakibatkan terbatasnya informasi yang diperoleh anak tunarungu. sehingga anak kesulitan memahami bacaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertjuan untuk menganalisis pengaruh Pendekatan Top Down Terhadap Keterampilan membaca Siswa Tunarung Kelas IV di SLB B Dharma wanita Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian pre experiment dan rancangan penelitian one grup pre test post test design. Objek terteliti anak tunarungu kelas IV di SLB B Dharma Wanita Sidoarjo berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data berupa test dengan teknik analisis data statistic non parametric dengan rumus uji Wilcoxon match pairs test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada test awal atau pre test rata rata yang diperoleh adalah 52 dan setelah diberikan perlakuan sebanyak 6 kali, lalu dilakukan post test dengan rata rata yang diperoleh sebesar 82. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari pendekatan top down terhadap keterampilan membaca siswa tunarungu kelas IV di SLB B Dharma Wanita Sidoarjo dengan Nilai Zh 2,52 lebih besar dari Zt 1,96. Kata Kunci: Anak tunarungu, Top Down, Membaca pemahaman
Published
2019-07-01
Section
Articles
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 729