METODE SHARED READING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA TUNARUNGU

  • AYU PUTRI PERMATASARI
  • ENDANG PURBANINGRUM

Abstract

Abstrak: Siswa Tunarungu umumnya mengalami hambatan berbahasa, terutama dalam memahami informasi auditorial yang mengakibatkan perbendaharaan kata rendah sehingga kurang memahami isi bacaan atau informasi tekstual. Maka dari itu diperlukan solusi untuk mengatasi hal tersebut. Melalui pembelajaran yang berfokus pada informasi visual salah satunya metode Shared Reading merupakan suatu pembelajaran membaca yang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode Shared Reading dalam pembelajaran membaca pemahaman. Dalam hal ini khususnya membaca pemahaman mengenai ide pokok suatu cerita bahasa Indonesia Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian pre-eksperimen dan rancangan penelitian one group pre-test – post-test design sample dalam penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas V yang berjumlah 8 orang. Penelitian dilaksanakan di SLB-B Dharma Wanita Sidoarjo. Pengumpulan data dengan teknik tes dengan teknik analisis data statistik non parametrik menggunakan rumus uji wilcoxon match pairs test. Berdasarkan hasil analisis data statistik non parametrik menggunakan rumus uji wilcoxon match pairs test diketahui Z hitung yang di dapat yakni 2,521 lebih besar dari pada Z tabel yakni 1,96. Sehingga hipotesis hipotesis kerja (Ha) diterima. Hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaaan metode membaca Shared Reading terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu kelas V di SDLB-B Dharma Wanita Sidoarjo. Kata Kunci: Shared Reading, Membaca Pemahaman, Tunarungu
Published
2019-07-01
Section
Articles
Abstract Views: 119
PDF Downloads: 536