Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Kue Kering Siswa Tunagrahita Ringan

  • ULFIA DEWI PERMATASARI
  • EDY RIANTO

Abstract

“Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Kue Kering Siswa Tunagrahita Ringan “ Siswa tunagrahita ringan dalam Penelitian ini masih kurang mampu dalam hal ketrampilan membuat kue kering untuk itu penerapan metode drill digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan ketrampilan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode drill terhadap kemampuan membuat kue kering bagi siswa tunagrahita ringan.. Metode drill ini dilakukan secara berulang-ulang sehingga siswa cepat paham terhadap pembelajaran yang dilakukan..Desain Penelitian yang digunakan oneshot case study dengan sampel 6 siswa tunagrahita ringan di SLB C AKW Kumara 1 Surabaya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes perbuatan dan observasi sebagai data pendukung. Hasil Penelitian yang didapat post-test adalah nilai p(x) 0,00217 yang lebih kecil dari nilai krisis  5% yaitu 1,0000 . Apabila diketahui p(x) ≤  maka membuktikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa “ada peningkatan dalam keterampilan membuat kue kering dengan metode drill bagi siswa tunagrahita ringan“. Kata Kunci : Metode Drill, Kue Kering (nastar), Siswa Tunagrahita
Published
2019-07-01
Section
Articles
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 71