PENDEKATAN INTEGRATIF EKSTERNAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PERISTIWA ALAM DAERAH JAWA TIMUR SISWA TUNARUNGU

  • FANIA DWI MULYANINGTYAS

Abstract

Siswa tunarungu memiliki hambatan dalam berbahasa yang mempengaruhi aspek kognitif, sehingga menyebabkan kemampuan literasi sains. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh pendekatan integratif eksternal terhadap kemampuan literasi sains peristiwa alam daerah Jawa Timur siswa tunarungu.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre eksperimen dalam bentuk rancangan one group pretest – post test design. Hasil rata-rata pre tes yang didapatkan ialah 35,01. Subjek yang memperoleh hasil pre tes terendah ialah BS, yang disebabkan oleh kurangnya kemampuan berbahasa. Kemudian diberikan perlakuan sebanyak enam kali dan diperoleh hasil rata-rata pos tes 75,73. Subjek yang memperoleh hasil pos tes tertinggi ialah NI dikarenakan subjek berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan perlakuan.

Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari pendekatan integratif eksternal terhadap kemampuan literasi sains peristiwa alam daerah Jawa Timur siswa tunarungu dengan hasil perhitungan Zhitung (Zh) adalah 2,52 yang mana lebih dari Ztabel (Zt) yang mendapatkan nilai 1,96.

Kata Kunci: Pendekatan Integratif Eksternal, Literasi Sains

Published
2019-07-03
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 83