MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA BANGUN DATAR MATEMATIKA PADA SISWA TUNARUNGU

  • DEVIRA PUTRI GIANA
  • ENDANG PURBANINGRUM

Abstract

Abstrak:

Siswa tunarungu mengalami hambatan di bidang matematika khususnya dalam kemampuan pemecahan masalah soal cerita bangun datar. Hal ini disebabkan siswa tunarungu mengalami hambatan memahsami bacaan dan memperoleh informasi verbal maupun tulisan. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project dalam pemecahan masalah soal cerita bangun datar matematika dalam kehidupan sehari – hari.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pre eksperimen dengan desain One Group Pretest – Posttest Design. Hasil nilai rata-rata pre-test adalah 36,3, diberikan perlakuan sebanyak 6 kali dan diperoleh hasil yang signifikan CE memiliki nilai tertinggi, siswa AT dengan keberhasilan terendah ditunjukkan dengan hasil pre tes 50 dan pos tes 70 mengalami peningkatan sebanyak 20, dengan nilai rata – rata pos tes 81,3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita bangun datar matematika pada siswa tunarungu. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita bangun datar matematika pada siswa tunarungu (Z hitung (2,52) Z tabel (1,6) pada taraf signifikan 5%)


Kata Kunci : Missouri Mathematics Project. Soal Cerita Bangun Datar

Published
2019-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 69