MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA TUNARUNGU

  • ARIENSA GITA PRALISTYO PUTRI
  • ENDANG PURBANINGRUM

Abstract

Abstrak :

Ketunarunguan berdampak pada perkembangan keterampilan bahasa, khususnya keterampilan menulis kalimat tunggal. Karakteristik belajar siswa tunarungu bersifat visual, sehingga membutuhkan metode pembelajaran yang selaras dengan karakteristik tersebut. Mind mapping merupakan metode belajar yang sederhana, kreatif dan bersifat visual sehingga mendukung terhadap pembelajaran siswa tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan mind mapping terhadap keterampilan menulis siswa tunarungu.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis pre experimental one group pre test – post test. Populasi penelitian ini siswa SDLB-B Negeri Banyuwangi kelas IV dan V, dengan sampel keseluruhan dari populasi yang berjumlah 8 siswa sehingga sampel yang digunakan disebut sampel populasi. Variabel bebas penelitian ini adalah metode mind mapping , dan variabel terikatnya adalah keterampilan menulis siswa tunarungu. Teknik pengumpulan data dengan tes, yaitu pre test dan post test. Selanjutnya hasil data yang diperoleh melalui tes dihitung dengan rumus uji Wilcoxon match pair test.

Berdasarkan hasil analisis data statistik non parametrik menggunakan rumus uji Wilcoxon, diketahui Zhitung dengan hasil 2,52 lebih besar dari Ztabel dengan nilai kritis 5% = 1,96. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan mind mapping terhadap keterampilan menulis siswa tunarungu.

Kata kunci : Mind mapping, keterampilan menulis, siswa tunarungu

Published
2019-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 59