Pendekatan SAVI (Somathic, Auditory, Visually, Intelectually) Terhadap Kemampuan Mengenal Bangun Datar Anak Tunagrahita Ringan

  • ARVINA SUKMANA
  • SITI MAHMUDAH

Abstract

Anak tunagrahita dalam proses pembelajaran bangun datar masih memiliki kesulitan dalam membedakan antara bentuk bangun datar dasar yaitu persegi, persegi panjang,segitiga dan lingkaran. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh pendekatan SAVI terhadap kemampuan mengenal bangun datar anak tunagrahita ringan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif jenis pre-eksperimental dengan desain one group pre test-post test. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata pre-test sebesar 32,83 dengan nilai terendah 24 oleh subjek LVS serta nilai tertinggi 53,5 oleh subjek BRF dan untuk nilai rata-rata post-test sebesar 61,67 dengan nilai terendah 22 oleh IBM dan MCDA serta nilai tertinggi 87,75 oleh subjek BFR. Dari pengujian statistik wilcoxon macthed pairs dengan manual dan SPSS menunjukkan hasil yang sama dan signifikat yaitu T < Ttabel yaitu 3 < 6 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa pendekatan SAVI (somathic, auditory, visually, intelectually) memiliki pengaruh terhadap kemampuan mengenal bangun datar siswa tunagrahita ringan di SLB ABCD Kurnia Asih.

Kata Kunci : SAVI, Bangun datar, Tunagrahita ringan

Published
2019-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 82