IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBELAJARAN BAGI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA

  • HERLINA YUNI SETYOWATI
  • ZAINI SUDARTO

Abstract

Abstrak: Full day school memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri dalam penerapannya. Akan tetapi bagi anak tunagrahita penerapan full day school perlu untuk dikaji ulang mengingat karakteristik anak tunagrahita yang berbeda dengan anak normal. sehingga penting dilakukannya penelitian ini.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi full day school dalam pembelajaran bagi peserta didik tunagrahita di SLB C Dharma Wanita Sidoarjo. Dengan fokus penelitian yang meliputi pelaksanaan, dampak, hambatan, dan solusi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif, dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1. Pelaksanaan full day school telah terlaksana dengan cukup baik, meskipun belum sepenuhnya sesuai dengan UU yang dikeluarkan Permendikbud tentang hari sekolah. 2. dampak pendukung full day school bagi peserta didik tunagrahita yaitu meningkatkan sosialisasi antar peserta didik, pembiasaan peserta didik tunagrahita untuk beraktifitas, bakat dan minat dapat tersalurkan, mengasah dan meningkatkan keterampilan peserta didik. Dampak yang kurang mendukung pelaksanaan full day school bagi peserta didik tunagrahita yaitu, peserta didik tunagrahita merasa jenuh, bosan, dan mudah gelisah di sekolah, peserta didik tunagrahita juga merasa kelelahan karena banyak aktivitas di sekolah. 3. Hambatan pelakasanaan full day school berasal dari kondisi peserta didik, dukungan orang tua, sarana dan prasarana, dan kurangnya sumber belajar buku paket. 4. Solusi mengatasi hambatan yaitu: memaksimalkan penggunaan media pembelajaran, metode dan strategi pembelajaran yang tepat, melakukan mediasi dan kerjasama dengan orang tua peserta didik, mengkondisikan siswa agar tetap fokus pada kegiatan pembelajaran, mencetak dan mencari sumber belajar lain.

Kata kunci : full day school, tunagrahita

Published
2019-07-05
Section
Articles
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 60