METODE ABA BERMEDIA SCRAPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK AUTIS

  • ALVIANA ROVITA DEWI
  • IMA KURROTUN AININ

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini tentang kemampuan mengenal konsep bilangan anak autis dalam aspek menyebutkan urutan bilangan, mencocokkan jumlah benda dengan bilangan, dan menulis lambang bilangan yang masih perlu dikembangkan. Oleh karena itu, kemampuan mengenal konsep bilangan anak autis perlu dioptimalkan melalui metode ABA bermedia scrapbook.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode ABA bermedia scrapbook terhadap pengenalan konsep bilangan pada anak autis di SLB Harapan Bunda Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis pre eksperimen dan rancangan one-group pre-test post-test design. Teknik statistik yang digunakan dalam analisis data adalah uji jenjang bertanda wilcoxon match pairs test. Teknik pengumpulan data berupa tes dengan jenis tes lisan dan tes tuis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai kemampuan mengenal konsep bilangan anak autis dengan nilai T hitung = 0 £ T table= 21 dengan signifikansi 5% yang artinya ada pengaruh metode ABA bermedia scrapbook terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak autis.

Kata kunci : ABA, scrapbook, konsep bilangan, autis.

Published
2019-07-18
Section
Articles
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 240