MULTIMEDIA EASY FUN MATH BERBANTUAN ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA AUTIS

  • NUKI PRADITA
  • SUJARWANTO

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini tentang hasil belajar matematika mengenal konsep bilangan siswa autis dalam aspek memilih, membandingkan, menghitung, mencocokkan dan mengurutkan benda atau bilangan 1-10 yang masih tergolong rendah. Oleh karena itu, diperlukan penggunaan media dalam pembelajaran matematika yang sesuai dengan karakteristik atau gaya belajar siswa autis dengan menggunakan multimedia easy fun math berbantuan android. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh multimedia easy fun math berbantuan android terhadap hasil belajar matematika pada siswa autis. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis pre-eksperimen dengan menggunaka rancangan one-group pretest posttest design. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik nonparametris dengan rumus wilcoxon math pair test. Teknik pengumpulan data berupa tes dengan jenis tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika mengenal konsep bilangan siswa autis dengan Zhitung (Zh)=2,52>Ztabel (Zt) dengan nilai signifikansi 5%=1,96, yang artinya ada pengaruh multimedia easy fun math berbantuan android terhadap hasil belajar matematika pada siswa autis.

Kata Kunci: autis, hasil belajar matematika, multimedia
Published
2019-07-18
Section
Articles
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 101