FLIPPED CLASSROOM BERMEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ANAK AUTIS

  • NOVI AYU AMBARWATI
  • WIWIK WIDAJATI

Abstract

Abstrak

Hasil belajar ilmu pengetahuan sosial penting bagi anak autis masih kurang, dalam membentuk jiwa sosial anak sedangkan hasil belajar anak autis masih sangat kurang, pentingnya Ilmu Pengetahuan Sosial membantu anak dalam membentuk peran (identitas diri) dalam masyarakat, mengerti perannya dan menumbuhkan jiwa sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh flipped classroom bermedia video terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial anak autis.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimen dan jenis rancangan penelitian one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes. Teknik anailsis data yang digunakan dalam analisis data penelitian ini yaitu wilcoxon match pair test. Hasil penelitian ini mendapatkan nilai rata-rata pre tes yaitu 56 dan nilai rata-rata pos tes yaitu 84, sehingga menunjukan hasil nilai Zh=2,2 lebih besar dibanding Zt=1,96. Maka, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut terbukti bahwa ada pengaruh flipped classroom bermedia video terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial anak autis.

Kata kunci: flipped classroom, video, hasil belajar, Ilmu Pengatahuan Sosial, autis

Published
2019-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 64