METODE BERCERITA BERBASIS MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN PENGENALAN KONSEP WAKTU PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

  • RINTIS DININGTIAS
  • SITI MAHMUDAH

Abstract

Abstrak:

Pengenalan konsep waktu merupakan keterampilan pemahaman untuk memanajemen waktu dengan baik, Anak Tungrahita memilki intelektual dibawah anak rata – rata dan memepengaruhi dalam aspek kogntif dan memori yang terkait dalam pemahaman konsep waktu karena itu digunakan metode bercerita berbasis media gambar berseri, sehingga menciptakan kondisi pembelajaran yang aktif dan bersifat kongkret, Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh metode bercerita berbasis media gambar berseri terhadap kemampuan pengenalan konsep waktu pada anak tunagrahita ringan. Rancangan Penelitian menggunakan one group pre test – post test design, teknik pengumpulan data berupa tes, teknik pengolahan menggunakan uji jenjang bertanda wilcoxon match pairs test. Nilai rata - rata pre test adalah 54 dan setelah diberikan treatment yang diperoleh adalah 76. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa pengaruh nilai Zh = 2,8 lebih besar dibanding Zt = 1,96 dengan nilai krisis 5%, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulannya ada pengaruh metode bercerita berbasis media gambar berseri terhadap kemampuan pengenalan konsep waktu pada anak tunagrahita ringan.

Kata Kunci: Metode Bercerita, Gambar Berseri, Anak,Tunagrahita

Published
2019-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 108
PDF Downloads: 383