GAME EDUKASI BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTIONAL TERHADAP KEMAMPUAN MENJUMLAH PADA ANAK AUTIS

  • SAFIRA MUSLIM
  • BUDIYANTO

Abstract

Abstrak

Penelitian dilatar belakangi dari banyaknya anak autis di kelas 1 SDN Ketintang II Surabaya yang memiliki kemampuan mengenal angka yang tergolong baik. Akan tetapi dalam melakukan operasi hitung penjumlahan anak mengalami kesulitan sehingga peneliti menerapkan game edukasi berjudul CERMAT (cerdas matematika) yang mampu meningkatkan kemampuan penjumlahan peserta didik autis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian pre eskperimental design dan rancangan penelitian berupa one group pre test post test. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 7 peserta didik autis kelas I. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, serta analisis data menggunakan statistik non parametric dengan rumus uji wilcoxon match pairs test.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menjumlah peserta didik autis sebelum dan sesudah diterapkannya game edukasi berbasis CAI, yang ditunjukkan oleh nilai pre test dengan hasil rata – rata sebesar 47,1 dan nilai post test dengan hasil rata – rata sebesar 68,5. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan Zh sebesar 2,93 lebih besar dari Zt sebesar 1,96 dengan nilai kritis 5%. Jika Zhitung > Ztabel (2,93 > 1,96), maka menunjukkan bahwa ada hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nol (ditolak), maka diinterpretasikan sebelum dan sesudah penerapan game edukasi berbasis CAI. bahwa terdapat perbedaan kemampuan menjumlah.

Kata kunci : Kemampuan Menjumlah, Game Edukasi, Autis, CAI.

Published
2019-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 72