STUDI DESKTIPTIF KOMPETENSI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

  • MUMFATIHA KURNIA PUTRI
  • ZAINI SUDARTO

Abstract

ABSTRAK

Kompetensi pedagogik merupakan salah satu komponen penting yang harus dimiliki oleh guru. Kompetensi pedagogik ini penting terutama dalam upaya memahami karakteristik peserta didik, mengelola pembelajaran, hingga mengembangkan berbagai potensi peserta didik secara efektif dan optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: reduksi data, analisis data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kompetensi pedagogik 6 guru di SDLB/C Alpa Kumara Wardhana II Surabaya telah mencapai ketujuh aspek yang ditetapkan walaupun pada aspek pembelajaran yang mendidik dan pengembangan potensi peserta didik masih belum tercapai. Asesmen dilakukan sebagai langkah awal untuk mengenal karakteristik dari setiap peserta didik. Selama pembelajaran, guru menggunakan berbagai metode mengajar tetapi jarang menggunakan media. Guru selalu menggunakan pertanyaan untuk menjaga partisipasi dan mengukur pemahaman peserta didik. Pada indikator mengembangkan bakat dan minat, guru lebih berfokus untuk mengembangkan kemampuan non akademik. Sementara penilaian dan evaluasi yang dilakukan guru yaitu menggunakan tes lisan, tertulis, dan perbuatan serta pengamatan untuk mengukur keterampilan dan sikap dari peserta didik.

Kata kunci : anak berkebutuhan khusus, guru, kompetensi pedagogik

Published
2019-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 146
PDF Downloads: 533