Model Pembelajaran Langsung Terhadap Keterampilan Membuat Boneka Pensil Siswa Cerebral Palsy

  • SAPTIANI NUR RACHMAWATI
  • ENDANG PURBANINGRUM

Abstract

Abstrak: Siswa cerebral palsy memiliki masalah yang kompleks dalam pekerjaan. Selain hambatan fisik yang dimiliki, masyarakat masih meragukan kemampuan yang dimiliki siswa cerebral palsy. Maka dari itu, perlu diberikan pelatihan keterampilan membuat boneka pensil agar mereka tidak lagi diremehkan dan bisa hidup mandiri. Keterampilan ini bisa dilakukan oleh semua orang, termasuk siswa cerebral palsy dan untuk membuatnya tidak membutuhkan biaya yang besar. Untuk itu model pembelajaran langsung dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan keterampilan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran langsung terhadap keterampilan membuat boneka pensil pada siswa cerebral palsy di SMPLB YPAC Surabaya. Desain Penelitian yang digunakan pre experimental design dengan bentuk rancangan one group pre test-post test design dengan sampel 6 siswa cerebral palsy di SMPLB YPAC Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pre-test adalah 43,75 dan setelah diberikan perlakuan nilai rata-rata adalah 82,6. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai yang signifikan Zh = 2,23 lebih besar Zt = 1,96 dari nilai kritis 5%. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa ada peningkatan dalam keterampilan membuat boneka pensil dengan model pembelajaran langsung bagi siswa cerebral palsy di SMPLB YPAC Surabaya.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Langsung, Boneka Pensil, Siswa Cerebral Palsy

Published
2019-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 87