PENERAPAN MEDIA DIGITAL PREZI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK AUTIS

  • NUFIDATUL MASNUNAH
  • SUJARWANTO

Abstract

Abstrak:

Kesulitan dalam membaca anak autis yang mengakibatkan terbatasnya kemampuan akademik anak di sekolah menggambarkan fenomena secara ilmiah dan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Media digital prezi merupakan media yang dapat digunakan sebagai pengembangan kemampuan membaca.

Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh penerapan media digital prezi terhadap kemampuan membaca permulaan huruf alfabet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen, dan rancangan penelitian one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa autis, kelas I di SLB Tunas Kasih Surabaya. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan teknik analisis data menggunakan statistik non parametik dengan uji Wilcoxon match pairs test.

Z tabel hasil tes kemampuan membaca alphabet anak autis dengan menggunakan rumus sign test, diperoleh ZH=2,2 lebih besar dari Zt=1,96 pada taraf signifikan 5%, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh terhadap penerapan media digital prezi terhadap kemampuan membaca permulaan anak autis.

Kata kunci : Media Digital Prezi, Membaca Permulaan, Alfabet, Siswa Autis.

Published
2019-07-29
Section
Articles
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 270