PENGGUNAAN MEDIA ABACUS MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK AUTIS

  • FADHILLA CHURIFATUL JANNAH
  • ENDANG PUDJIASTUTI SARTINAH

Abstract

Abstrak:

Kemampuan anak autis dalam mengenal konsep bilangan masih rendah, khusus nya pada jenjang TK. Anak terlihat kesulitan dalam menyesuaikan jumlah benda terhadap bilangannya. Untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak autis, maka dibutuhkan media yang dapat mendukung perkembangan belajar anak. Media abacus modifikasi bersifat konkret sehingga dapat membantu anak autis dalam mengenal konsep bilangan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media abacus modifikasi terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak autis.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kombinasi yakni mengkombinasikan pendekatan kuantitatif dan kualitatis, dengan jenis penelitian pre experiment dengan desain penelitian One Group Pre-test – Post-test. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes tulis dan observasi. Tes tulis dan observasi ini digunakan untuk memperoleh data mengenai kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak autis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test menunjukkan nilai 61,25 dan nilai rata-rata post-test mendapatkan hasil 85. Treatment atau perlakuan dilaksanakan sebanyak 6 kali. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa adanya pengaruh media abacus modifikasi terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak autis secara signifikan dengan hasil Zhitung = 2,521 lebih dari Ztabel = 1,64, nilai kritis 5%.

Kata Kunci : Media Abacus Modifikasi, Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan,

Anak Autis.
Published
2019-07-29
Section
Articles
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 287