PEMBELAJARAN ORIENTASI MOBILITAS SOSIAL DAN KOMUNIKASI TERHADAP KEMANDIRIAN TOILETING PADA SISWA TUNANETRA

  • YOGA RIZKI KURNIAWAN
  • SRI JOEDA ANDAJANI

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan serta kemandirian terhadap toileting pada siswa tunanetra yang meliputi langkah-langkah dalam buang air di kamar mandi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Pembelajaran Orientasi Mobilitas Sosial dan Komunikasi (OMSK) terhadap kemandirian Toileting pada siswa tunanetra di SDLB-A YPAB Surabaya.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre eksperimen. Desain penelitian one group pre test-post test design untuk memperoleh data keterampilan toileting sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil penelitian diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Hasil pre-test 34,02 dan hasil post-test 77,77. Sehingga diperoleh Zh=2,20 lebih besar dibanding nilai krisis 5% Zt=1,96 yang dapat diartikan bahwa ada pengaruh Pembelajaran Orientasi Mobilitas Sosial dan Komunikasi (OMSK) terhadap kemandirian Toileting pada siswa tunanetra di SDLB-A YPAB Surabaya.

Published
2019-07-29
Section
Articles
Abstract Views: 118
PDF Downloads: 1293