Pendekatan VAKT Terhadap Kemampuan Membaca Untuk Anak Kesulitan Belajar

  • ALDILA RENDRA ROVIGO
  • ASRI WIJIASTUTI

Abstract

Abstrak

Membaca merupakan aspek keterampilan penting yang harus dikuasai oleh anak kesulitan belajar. Anak kesulitan belajar adalah anak yang mengalami hambatan dalam proses belajar. Diperlukan sebuah pendekatan yang dapat menstimulasi belajarnya. Untuk itu perlu digunakan pendekatan (VAKT) dengan menggunakan media video inteaktif dan hewan tiruan. Penelitian ini bertujuan menganalisis ada tidaknya pengaruh pendekatan VAKT terhadap kemampuan anak kesulitan belajar di SDN Wedi Gedangan Sidoarjo. Jenis penelitian adalah pre-eksperimen. Desain penelitian menggunakan: one group pre test and pos test. Metode pengumpulkan data yaitu metode tes dan dokumentasi. Analisis data penelitian yaitu teknik analisis statistik Non Parametrik dengan wilcoxon match pairs test. Hasil dari rata-rata pre-test yang mendapat skor 67,70 menjadi 78,46 ,AM dengan nilai tertinggi dan AF dengan nilai terendah. Hasil ini menunjukkan bahwa “ada pengaruh signifikan dalam pendekatan VAKT terhadap kemampuan membaca anak kesulitan belajar (zh = 2,20 > Zt = 1,96)”.

Kata kunci: Kemampuan membaca, Pendekatan VAKT, Anak Kesulitan Belajar

Published
2019-07-29
Section
Articles
Abstract Views: 85
PDF Downloads: 416