PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PECAHAN ANAK TUNARUNGU

  • SEKAR SARI KUSHARTINA
  • ENDANG PURBANINGRUM

Abstract

Abstrak

Kemampuan operasi hitung pecahan adalah kemampuan anak dalam membandingkan dua bilangan cacah dengan pembagi bukan nol. Apabila hambatan dalam operasi hitung pecahan pada anak tunarungu tidak ditangani, maka anak mengalami hambatan dalam penerapan konsep membagi pada kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji ada atau tidak pengaruh kemampuan operasi hitung pada anak tunarungu sebelum dan sesudah diberikan intervensi menggunakan pendekatan matematika realistik pada anak tunarungu kelas V.

Desain penelitian yang digunakan one group pre test-post test design dengan subyek 6 orang siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis dan dokumentasi. Analisis datanya adalah analisis ststistik non parametrik dengan meggunakan sign test. Hasil penelitian yang kemudian dianalisis dengan meggunakan rumus uji tanda. Nilai rata-rata pre test adalah 4,67 dan setelah di berikan treatment yang diperoleh adalah 6. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pengaruh nilai Zh=2,05 lebih besar dibanding dengan nilai krisis 5% Zt=1,64. Maka Ho ditolak dan Ha diterima.Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan operasi hitung pecahan pada anak tunarungu kelas V di SDLB Shanti Kosala Mastrip Nganjuk.

Kata kunci: Pendekatan Matematika Realistik,Operasi Hitung Pecahan,Anak Tunarungu

Published
2019-07-29
Section
Articles
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 127