METODE AL-BARQY TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH ANAK TUNARUNGU

  • ANNISA MAWADA
  • YULIYATI

Abstract

Abstrak:

Anak tunarungu mengalami hambatan dalam pendengaran dan bahasa yang berpengaruh pada semua keterampilan bahasa menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Demikian juga dengan kemampuan membaca huruf Hijaiyah anak tunarungu mengalami kesulitan. Untuk itu perlu dicobakan metode untuk meningkatkan kemampuan membacanya, salah satu metode adalah metode Al-Barqy. Hambatan dalam membaca huruf Hijaiyah tersebut akan diatasi dengan menggunakan metode Al-Barqy. Metode Al-Barqy menggunakan kata lembaga berbahasa Indonesia yang biasa di gunakan anak dalam berkomunikasi sehari-hari. Sehingga anak tunarungu bisa belajar membaca dan menulis Al-Qur’an dengan cara yang lebih mudah. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh metode Al-Barqy terhadap kemampuan membaca huruf Hijaiyah pada anak tunarungu di SLB Muhammadiyah Kertosono.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pra eksperimen dan menggunakan rancangan one-group pre-test and post-test design dengan subjek sebanyak 6 orang anak tunarungu di SLB Muhammadiyah Kertosono.

Teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca huruf Hijaiyah sebelum menggunakan metode Al-Barqy yang ditunjukan pada Grafik 4.1 adalah 31,06 sedangkan kemampuan membaca hururf Hijaiyah setelah menggunakan metode Al-Barqy adalah 81,74. Terdapat signifikansi sebesar 50,68 pada selisih dari nilai rata-rata hasil pre-test dan post-test. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan Zhitung = 2,2 lebih besar dari pada Ztabel = 1,96 dengan nilai krisis 5%. Bila Zhitung = 2,2 > Ztabel = 1,96 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Metode Al-Barqy terhadap kemampuan membaca huruf Hijaiyah pada anak tunarungu di SLB Muhammadiyah Kertosono.

Kata Kunci: Tunarungu, Hijaiyah, Metode Al-Barqy.

Published
2019-07-30
Section
Articles
Abstract Views: 309
PDF Downloads: 2858