METODE FLOORTIME BERMEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANGGOTA TUBUH ANAK AUTIS

  • KUSUMA ADI SARI DEWI
  • IMA KURROTUN AININ

Abstract

Abstrak:

Perkembangan bahasa reseptif anggota tubuh anak autis sangat dipengaruhi oleh perkembangan bahasanya. Keterampilan bahasa yang minim dapat mempengaruhi anak autis dalam pemahaman khususnya mengenai anggota tubuh. Metode Floortime bermedia kartu bergambar anggota tubuh adalah metode pembelajaran yang bersifat santai dengan aktifitas peneliti ikut berinteraksi dengan anak menggunakan kartu bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode floortime bermedia kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anggota tubuh anak autis. Subjek penelitian adalah anak autis kelas TK sebanyak 6.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan rancangan Pre- Experimental Design dengan jenis One – Group Pretest – Posttest Design. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes kemampuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik, dengan menggunakan rumus sign test. Hasil penelitian menunjukkan hasul nilai rata – rata pre-test 25,83 dan nilai rata – rata post-test 39,67. Sedangkan hasil analisis data hasil penelitian juga menunjukkan Zhitung = 2,2 lebih besar dari pada Ztabel = 1,96 dengan nilai krisis 5%. Bila Zhitung = 2,2 > Ztabel = 1,96 maka dapat disimpulkan ada pengaruh metode floortime bermedia kartu bergambar untuk meningkatakan kemampuan bahasa reseptif anggota tubuh anak autis.

Kata kunci : Floortime, bahasa reseptif, autis


Published
2019-07-30
Section
Articles
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 137