METODE STORY TELLING BERMEDIA AUDIO TERHADAP EFIKASI DIRI ANAK TUNANETRA

  • TITIS SARI DWI MUKTI
  • MURTADLO

Abstract

Abstrak : Dilatarbelakangi oleh kemampuan dalam efikasi diri anak tunanetra dalam pembelajaran yang masih perlu dikembangkan. Dalam penelitian ini kemampuan efikasi diri anak tunanetra ditingkatkan melalui metode story telling bermedia audio. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh metode story telling bermedia audio terhadap efikasi diri anak tunanetra di SLB-A YPAB Tegalsari Surabaya.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pre eksperimen dan rancangan one group pre test-post test design. Teknik statistik yang digunakan dalam analisis data adalah wilcoxon. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Hasil pre-test 35.35, dan hasil post-test 86.78. Diperoleh hasil Zh=2.36 lebih besar dibanding Zt=1,96 dengan nilai krisis 5%. Jadi ada pengaruh metode story telling bermedia audio terhadap efikasi diri siswa tunanetra di SLB-A YPAB Tegalsari Surabaya.

Kata kunci: story telling, efikasi diri, tunanetra

Published
2019-07-31
Section
Articles
Abstract Views: 83
PDF Downloads: 177