MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERMEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA ANAK TUNAGRAHITA

  • LINDA SARI
  • SITI MASITOH

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini berdasarkan anak tunagrahita di SLB Siti Hajar Sidoarjo mengalami hambatan pada Anak tunagrahita memiliki intelektual di bawah rata-rata sehingga anak mengalami hambatan dalam bidang akademik. Salah satu hambatan yang dialami anak tunagrahita yaitu dalam mengenal anggota tubuh tanpa memahami fungsinya secara baik. Dalam penelitian ini kemampuan mengenal anggota tubuh anak tunagrahita dapat berpengaruh melalui model pembelajaran langsung bermedia tiga dimensi. Tujuan penelitian ini untuk untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran langsung bermedia tiga dimensi untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada anak tunagrahita di SLB Siti Hajar Sidoarjo.

Rancangan penelitian menggunakan The one group, pretest-post test design jenis Pre Experiment. Jumlah subjek penelitian sebanyak 8 anak tunagrahita. Rata-rata hasil pre-test 37,8 dan rata-rata hasil post-test 68,25 dengan pemberian intervensi sebanyak 6 kali. Simpulan hasil penelitian H nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja diterima, Z Hitung (Zh) = 2,32 lebih besar dari Z Tabel (Zt) = 1,96 dengan α = 5%. Berarti terdapat pengaruh model pembelajaran langsung bermedia tiga dimensi untuk meningkatkan hasil belajar ipa pada anak tungrahita.

Published
2019-07-31
Section
Articles
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 346