MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN MENJAHIT SEDERHANA SISWA TUNANETRA

  • CANDRA UMAR YUSHBIKHURIDLO
  • MURTADLO

Abstract

Abstrak : Ketunanetraan yang di alami siswa berakibat terhadap kemampuan bina diri anak dalam merawat pakaian, kemampuan ini masih perlu dikembangkan untuk menjadikan siswa tunanetra mandiri dalam merawat pakaian, terutama dalam aspek menjahit sederhana. Dalam penelitian ini kemampuan menjahit siswa tunanetra diajarkan melalui model pembelajaran langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model pembelajaran langsung terhadap kemampuan menjahit sederhana siswa tunanetra di SMPLB YPAB Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre eksperimen dan rancangan one group pretes - postes design. Teknik pengumpulan data berupa tes (pretes dan postes) dan analisis data menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh Zh=2.36 lebih besar dibanding Zt=1,96 dengan nilai krisis 5%. Hal ini membuktikan adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan menjahit siswa tunanetra di SMPLB YPAB Surabaya.

Kata kunci : menjahit, model pembelajaran langsung

Published
2019-10-14
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 471