P.E (Play Education)WARM UP TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

  • HIDAYATUL MUFIDAH
  • EDY RIANTO

Abstract

Anak Tunagrahita ringan memiliki hambatan pada keterampilan sosial yang meliputi bekerjasama, saling membantu dan saling berbagi sehingga perlu ditingkatkan. Dalam penelitian ini keterampilan sosial anak tunagrahita ringan ditingkatkan melalui P.E (Play Education) Warm Up. Tujuannya untuk menguji P.E (Play Education) Warm Up terhadap keterampilan sosial anak tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian pre-eksperimen dengan rancangan penelitian one group, pre test, post test design. Subjek penelitian delapan anak tunagrahita ringan di SLB Al Azhar Sidoarjo yang memiliki hambatan pada keterampilan sosial. Teknik pengumpulan data berupa observasi dengan teknik analisis data statistik non parametrik dengan menggunakan tabel uji wilcoxon. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa dari nilai pre-test rata-rata 32.5 dan setelah diberikan perlakuan memperoleh post-test dengan nilai rata-rata 81.5. Selain itu hasil penelitian menunjukkan T(jenjang terkecil)= 0 lebih kecil dari Tα(tabel) =4 yang artinya ada pengaruh P.E (Play Education) Warm Up terhadap keterampilan sosial anak tunagrahita ringan Kata Kunci : (Play Education) Warm Up, keterampilan sosial, tunagrahita
Published
2019-12-17
Section
Articles
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 135