MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERMEDIA APLIKASI ALAT BANTU HITUNG TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA TUNANETRA

  • NIRWAN ANGGORO
  • PAMUJI

Abstract


Ketunanetraan yang di alami anak berdampak pada kemampuan berhitung perkalian. Kesulitan yang dialami saat siswa menyelesaikan operasi hitung perkalian angka ratusan hingga ribuan, anak cenderung mengerjakan soal tes hanya mengandalkan ingatan atau hafalan, sehingga anak mudah kehilangan konsentrasi dan ceroboh, serta memerlukan waktu yang lama dalam menyelesaikan soal yang membuat anak sering kekurangan waktu pada saat diberikan tugas. Maka dari itu kesulitan berhitung anak akan diajarkan melalui model pembelajaran langsung dengan media aplikasi alat bantu hitung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model pembelajaran langsung bermedia aplikasi alat bantu hitung terhadap kemampuan berhitung siswa tunanetra di SLB A YPAB Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre eksperimen dan rancangan one group pretes - postes design. Analisis data menggunakan Wilcoxon, Teknik pengumpulan data berupa tes (pretes dan postes). Berdasarkan hasil pre-tes 45.8, dan hasil pos-tes 87.7, maka diperoleh hasil Zh=2.36 lebih besar dibanding Zt=1,96 dengan nilai krisis 5%. Hal ini membuktikan adanya pengaruh model pembelajaran langsung terhadap kemampuan berhitung siswa tunanetra di SLB A YPAB Surabaya. Kata kunci : Tunanetra, Berhitung, Model pembelajaran langsung
Published
2019-12-17
Section
Articles
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 272