MEDIA BUSY BOOK UNTUK PENGENALAN WARNA PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

  • GANANG ALIEF RAMADHAN

Abstract

Abstrak : Keterbatasan intelegensi yang dimiliki anak Tunagrahita menjadikan anak tunagrahita kesulitan dalam mengingat warna. Dalam penelitian ini kemampuan mengenal warna pada anak tunagrahita ringan dapat ditingkatkan melalui media pembelajaran Busy Book. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran busy book terhadap kemampuan mengenal warna anak tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah pre eksperimental dengan rancangan penelitian one group pre-test post-test desaign. Hasil rata-rata pre-test menunjukkan nila 39,52 dan hasil rata-rata post-test 55,23. Simpulan dari hasil penelitian nilai Zh = 2,36 lebih besar dari pada nilai Zt = 1,96 dengan nilai krisis 5% (Zh > Zt) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa media busy book berpengaruh terhadap kemampuan mengenal warna anak tunagrahita ringan kelas III, IV, V di SLB AC Dharma Wanita Sidoarjo.

Kata kunci: Busy book, Pengenalan Warna, tunagrahita


Published
2019-12-18
Section
Articles
Abstract Views: 199
PDF Downloads: 388