MEDIA TEKA-TEKI SILANG BERGAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA PENGENALAN ANGGOTA KELUARGA PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN
Abstract
Salah satu kekurangan yang dimiliki siswa tunagrahita yaitu ketidak mampuan dalam menangkap sebuah informasi yang dipengaruhi oleh rendahnya penguasaan kosakata sehingga mengakibatkan perkembangan bahasa siswa menjadi terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata anak tunagrahita ringan dalam pengenalan tentang anggota keluarga, penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis pre eksperimental design dengan rancangan one group pre-test post-test design. Teknik statistik dalam analisis data penelitian ini adalah Wilcaxon matched pairs test. Teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media teka-teki silang bergambar dapat berpengaruh terhadap penguasaan kosakata pada anak tunagrahita kelas dua di SDLB C Kumara II Surabaya. Penelitian menunjukkan sebelum diberikan perlakuan kosakata anak tunagrahita ringan memiliki rata-rata 51,78 setelah diberikan perlakuan meningkat menjadi 79,01. Penelitan menunjukkan nilai Zhitung= 2,5 lebih besar daripada Ztabel 5% (Zt)=2 (Zh > Zt), maka Ho ditolak Ha diterima, sehingga ada pengaruh antara media teka-teki silang terhadap penguasaan kosakata pengenalan anggota keluarga pada anak tunagrahita ringan.PDF Downloads: 295