PEMBUATAN BOLA-BOLA UBI SEHAT BERORIENTASI DIRECT INSTRUCTION TERHADAP KETERAMPILAN VOKASIONAL SISWA TUNAGRAHITA RINGAN

  • NEVY ROSDIANA WATI
  • EDY RIANTO

Abstract

Abstrak

Keterampilan vokasional merupakan pembelajaran yang menitikberatkan pada praktik serta bertujuan untuk mempersiapkan bakat dan minat peserta didik yang dimiliki. Siswa tunagrahita ringan dalam penelitian ini masih kurang mampu dalam hal keterampilan membuat bola-bola ubi sehat sehingga diperlukan model pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan siswa.
Model pembelajaran yang diterapkan dalam keterampilan vokasional pembuatan bola-bola ubi sehat pada penelitian Ini adalah model direct instruction. Direct Instruction merupakan pembelajaran langsung dirancang oleh guru secara khusus dalam proses belajar yang dilakukan secara bertahap dan langkah demi langkah

Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan desain one-shot case study dengan sampel 8 siswa tunagrahita ringan di SLB Negeri Gedangan Sidoarjo

Hasil penelitian yang didapat pada post test menunjukkan nilai p(x) 0,00004 yang lebih kecil dari nilai krisis α 5% yaitu 1,000. Apabila diketahui p(x) ≤ α maka membuktikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa “ada pembuatan bola-bola ubi sehat berorientasi direct instruction terhadap keterampilan vokasional siswa tunagrahita ringan”

Kata Kunci : Keterampilan vokasional, Direct Instruction, Siswa Tunagrahita Ringan.

Published
2020-04-29
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 12