PENERAPAN METODE PROYEK DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN VOKASIONAL ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SMALB-C

  • TEGUH DENADA DIAH AYU NINGTYAS
  • WIWIK WIDAJATI

Abstract

Abstrak

Kesulitan dalam bidang pembelajaran keterampilan vokasional anak tunagrahita ringan yang mengakibatkan terbatas anak dalam menguasai kemampuan pembelajaran keterampilan vokasional membuat tas dari kain batik. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh penerapan metode proyek dalam pembelajaran keterampilan vokasional anak tunagrahita ringan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian pre eksperimen dengan rancangan One Grup Pre-test Post-test design. Perlakuan dilaksanakan sebanyak 10 kali pertemuan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode proyek dapat berpengaruh terhadap pembelajaran keterampilan vokasional anak tunagrahita ringan. Penelitian menunjukkan nilai rata-rata pre-test 39,8 dan nilai rata-rata post-test dengan menggunakan metode proyek meningkat menjadi 75. Dengan hasil Zhitung = 2,52 lebih besar dari Ztabel = 1,64 dengan nilai kritis 5%, maka Ho ditolak Ha diterima, sehingga ada pengaruh penerapan metode proyek dalam pembelajaran keterampilan vokasional anak tunagrahita ringan.

Kata kunci: metode proyek, pembelajaran keterampilan vokasional, anak tunagrahita ringan.

Published
2020-04-30
Section
Articles
Abstract Views: 103
PDF Downloads: 193