PEMANFAATAN APLIKASI BELAJAR PROFESI PEKERJAAN TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA TUNAGRAHITA RINGAN

  • WILDA SOFIA RAHMAWATI
  • WIWIK WIDAJATI

Abstract

Abstrak Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa tunagrahita masih kurang dalam aspek memahami materi terkait belajar profesi pekerjaan. Hal tersebut dikarenakan teknik dan media pembelajaran yang digunakan masih kurang bervariasi sehingga kurang menarik minat belajar siswa tunagrahita ringan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemanfaatan aplikasi belajar profesi pekerjaan terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian pra eksperimen yaituone-group pretest-posttest. Perlakuan dilaksanakan sebanyak 10 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan aplikasi belajar profesi dapat berpengaruh terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa tunagrahita ringan. Penelitian menunjukkan nilai ratarata pre-test 71,4 dan nilai rata-rata post-test dengan menggunakan aplikasi belajar profesi pekerjaan menjadi 80. Dengan hasil 𝑍ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔= 2,37 lebih besar dari 𝑍𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙= 2 dengan nilai krisis 5%, maka Ho ditolak Ha diterima, sehingga ada pengaruh pemanfaatan aplikasi belajar profesi pekerjaan pada hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa tunagrahita ringan.
Kata Kunci: Aplikasi Belajar Profesi Pekerjaan, Ilmu Pengetahuan Sosial, anak tunagrahita ringan
Published
2020-05-11
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 45