MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INTRUCTION BERMEDIA VIDEO TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN VOKASIOANAL SISWA TUNAGRAHITA

  • RISKA AGTIANI PUTRI
  • SITI MAHMUDAH

Abstract

Keterampilan vokasional sebagai pembelajaran untuk memberikan bekal yang sesuai dengan kemampuan siswa tunagrahita. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model direct intruction bermedia video tutorial untuk meningkatkan keterampilan vokasional siswa tunagrahita di Loka Bina Karya SLB-C AKW Kumara II Surabaya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan desain pra-eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata pre test 37,00 meningkat dan hasil post test 70,00. Hasil analisis data menunjukkan Zh 2.80 dan Zt 1.96, maka interprestasinya Ha > Ho. Jadi, Ha diterima, artinya terbukti bahwa ada pengaruh model pembelajaran direct intruction bermedia video tutorial di SLB-C AKW Kumara II Surabaya.

Kata kunci: Direct Intruction, Video tutorial, Keterampilan Vokasional, Tunagrahita

Published
2020-05-22
Section
Articles
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 139