MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA TUNARUNGU DENGAN MENERAPKAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA)

  • REZA AKBAR FAUZAN
  • WAGINO

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca pemahaman. Setelah melalui kajian review, hambatan yang dialami oleh anak tunarungu termasuk dalam berbahasa memerlukan strategi pembelajaran yang dapat meminimalisir hambatan tersebut dalam aspek membaca pemahaman. Strategi DRTA memfokuskan siswa untuk melakukan aktifitas membaca dan berfikir dibantu dengan gambar konkret. Hasil penelitian yang relevan yang telah membuktikan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari strategi DRTA terhadap kemampuan membaca pemahaman karena siswa terbantu dengan gambar konkret dan tahap-tahap membaca yang konseptual. Hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi ini cocok diterapkan pada anak tunarungu yang membutuhkan pengulangan dalam memahami bacaan atau materi.

Kata Kunci: Strategi DRTA, Membaca Pemahaman

Published
2020-06-04
Section
Articles
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 76