PERANAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP KETERAMPILAN TATA BOGA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

  • DESSY RIZKY NURAINI HERAWATI
  • ENDANG PUDJIASTUTI SARTINAH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peranan dari metode explicit instruction terhadap keterampilan tata boga pada anak tunagrahita ringan. Jenis penelitian ini yaitu studi kepustakaan (library research). Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini yaitu dari jurnal, buku dan artikel terkait tentang metode explicit instruction terhadap keterampilan tata boga pada anak tunagrahita ringan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis isi dengan menjaga ketepatan dalam pengkajian dilakukan pengecekan ulang antar pustaka. Hasil penelitian ini adalah metode explicit instruction berperan penting dalam pembelajaran tata boga pada anak tunagrahita ringan yakni dengan menerapkan sesuai langkah-langkah pada metode explicit instruction yang diajarkan selangkah demi selangkah oleh guru agar anak tunagrahita ringan memahami dalam setiap langkah pada keterampilan tata boga yang diajarkan.

Kata Kunci: Metode Explicit Instruction, Keterampilan Tata Boga, Anak Tunagrahita Ringan

Published
2020-06-15
Section
Articles
Abstract Views: 94
PDF Downloads: 163