TEKNOLOGI ASISTIF TEXT-TO-SPEECH (TTS) PADA KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ANAK DISLEKSIA

  • M. Hasbih Ashshidiqi
  • ASRI WIJIASTUTI

Abstract

Abstrak

Perkembangan teknologi saat ini dapat dimanfaatkan dalam semua bidang, termasuk pada pembelajaran anak berkebutuhan khusus (ABK). Teknologi asistif digunakan sebagai sarana untuk menunjang program pembelajaran, terutama dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis secara deskriptif melalui beberapa literatur tentang penerapan teknologi Text-To-Speech (TTS) pada kemampuan membaca pemahaman anak kesulitan belajar, terutama kesulitan membaca (disleksia). Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan mengkaji kumpulan literatur terkait sebagai sumber data. Data selanjutnya dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui efektivitas teknologi TTS dalam memengaruhi aktivitas membaca pemahaman anak. Hasil penelitian menunjukkan kegunaan teknologi asistif Text-To-Speech (TTS) pada kemampuan membaca pemahaman anak disleksia. TTS membantu anak dalam melakukan aktivitas membaca secara mandiri di kelas maupun di luar kelas.

Kata Kunci :Kesulitan Belajar, Disleksia, Text-To-Speech (TTS).

Published
2020-06-18
Section
Articles
Abstract Views: 280
PDF Downloads: 372