ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BAGI SISWA TUNARUNGU

  • INTANIYAH NURIDA FIRDAUSI
  • YULIYATI

Abstract

Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang dilaksanakan secara terstruktur, dan berkelompok dengan anggota terdiri dari dua orang atau lebih yang saling membantu serta berperan secara aktif dalam mencapai tujuan bersama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran kooperatif yang diterapkan kepada siswa tunarungu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif systematic review. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri jurnal elektronik melalui google cendekia. Dari penelusuran tersebut, diperoleh 10 hasil penelitian dari jurnal yang relevan untuk dianalisis. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa model pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa tunarungu dari yang terendah 29,68 % hingga tertinggi 94,73 % dengan rata-rata sebesar 58,87 %.

Kata Kunci: analisis, pembelajaran kooperatif, siswa tunarungu.

Published
2020-06-26
Section
Articles
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 760