METODE OUTDOOR STUDY DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT BENDA UNTUK ANAK TUNARUNGU DI SLB

  • DHIMAS REXY ZONA RADIATA
  • SRI JOEDA ANDAJANI

Abstract

Anak tunarungu memiliki hambatan pada fungsi indra pendengaran, yang mengaharuskan anak tunarungu lebih mengedepankan fungsi penglihatan dari pada pendengaran yang berakibat menurunnya prestasi belajar ataupun tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian literature ini adalah untuk mendeskripsikan metode outdoor study dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya pada materi sifat-sifat benda untuk anak tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SLB). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan kajian Pustaka dengan review literatur yang relevan. Hasil penelitian ini adalah membahas tentang metode outdoor study bagi anak tunarungu yang menunjukkan bahwa langkah-langkah Metode Outdoor Study mudah dipahami olehguru dan siswa, dapat meningkatkan motivasi belajar, membuat siswa nyaman melakukan pembelajaran dan lebih mudah dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga berdampak terhadap meningkatnya prestasi belajar siswa

Kata Kunci: Outdoor Study, Pembelajaran IPA, Anak Tunarungu





Published
2020-06-26
Section
Articles
Abstract Views: 113
PDF Downloads: 162