PERMAINAN SIRKUIT SEBAGAI STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK DENGAN AUTISME
Abstract
Permainan sebagai salah satu alternatif yang membantu untuk meningkatkan motorik pada anak karena terdapat tugas gerak yang menyenangkan. Salah satunya dengan menerapkan permainan sirkuit digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar anak dengan autisme. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji strategi permainan sirkuit dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar anak dengan autisme. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan mengkaji kumpulan literatur terkait sebagai sumber data. Data selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif dalam memecahkan masalah. Hasil kajian diperoleh bahwa permainan sirkuit merupakan sebuah strategi yang dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak dengan autisme. Siswa menjadi aktif dalam melakukan berbagai aktivitas, lebih tertarik dalam kegiatan belajar mengajar, siswa tidak merasa bosan selama proses pembelajaran, dan permainan sirkuit sesuai dengan karakteristik anak dengan autisme karena berbasis visual.
Kata Kunci: Permainan sirkuit, keterampilan motorik kasar, anak dengan autisme
Downloads

