IMPLEMENTASI KETERAMPILAN VOKASIONAL ANAK AUTIS

  • ALMIRA RAFIDAH ULFA
  • ZAINI SUDARTO

Abstract

Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk memberi gambaran tentang implementasi keterampilan vokasional anak autis dengan menggunakan pendekatan studi kepustakaan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kepustakaan. Sumber data penelitian didapatkan dari literatur-literatur yang relevan dengan topik penelitian seperti buku dan artikel ilmiah. Tehnik pengumpulan data yang sesuai dengan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang cocok digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan metode analisis isi. Hasil pada penelitian ini tersusunnya sebuah kajian mengenai keterampilan vokasional anak autis, diperoleh hasil bahwa anak autis memerlukan bekal untuk masa depannya tidak hanya ilmu pengetahuan namun juga keterampilan vokasionalnya. Dalam melatih anak autis yang menjadi prioritas utama untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki daripada memperbaiki kekurangan pada diri anak dan memunculkan potensi pada diri anak agar nantinya dapat hidup mandiri serta memberikan kesempatan pada anak agar dapat bersosialisasi dan diterima di lingkungan masyarakat.

Kata Kunci : keterampilan vokasional, anak autis

Published
2020-07-02
Section
Articles
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 76