Penerapan Permainan Pias Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Tunagrahita Ringan

  • NOVANTIO BAYU AJI ARIANTO
  • ZAINI SUDARTO

Abstract

Penelitian ini berdasarkan anak tunagrahita ringan di SLB Dharma Wanita Pare Kediri terdapat beberapa anak tunagrahita ringan yang mengalami hambatan dalam membaca kalimat sederhana yang meliputi menunjukkan kekeliruan membaca kata dan kalimat. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan membaca kalimat sederhana anak tunagrahita ringan diberikan penerapan permainan pias kata bergambar yang bermediakan kartu kata bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya sebelum dan sesudah pemberian berupa penerapan permainan pias kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa tunagrahita ringan di SLB Dharma Wanita Pare Kediri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimen. Desain yang digunakan yaitu : the one group pretest and posttest . Untuk analisis data penelitian menggunakan teknik analisis statistik non parametrik. Hasil penelitian setelah diberikan pretest nilai rata-rata anak tunagrahita ringan adalah 41,7 kemudian diberikan perlakuan sebanyak 6 kali dengan alokasi waktu 60 menit setiap pertemuan. Selanjutnya setelah diberikan posttest menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam nilai anak, dengan nilai rata-rata menjadi 51. Dari nilai tersebut kemudian dianalisis menggunakan nilai sign test (ZH) dengan Z tabel 5% uji satu sisi 1,96. Nilai Z yang diperoleh dalam hitungan adalah ZH = 2,20, sehingga dapat disimpulkan bahwa “adanya pengaruh yang signifikan pada kemampuan membaca kalimat sederhana anak tunagrahita ringan”, dengan nilai ZH= 2,20 > Z tabel 5% 1,96 sehingga sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Kata kunci: Permainan Pias Kata Bergambar, anak tunagrahita ringan, membaca kalimat sederhana

Published
2020-07-06
Section
Articles
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 99