STUDI DESKRIPTIF: IMPLEMENTASI METODE MATERNAL REFLEKTIF TERHADAP KETERAMPILAN BERBAHASA ANAK TUNARUNGU

  • AGNES SEPTIMA RAHMAWATI
  • ENDANG PURBANINGRUM

Abstract

Studi ini mengangkat Metode Maternal Reflektif (MMR) sebagai metode dari pendekatan pembelajaran bahasa yang dinilai efektif bagi perkembangan keterampilan berbahasa anak tunarungu. Tujuan penelitian untuk menganalisis implementasi Metode Maternal Reflektif terhadap keterampilan berbahasa anak tunarungu. Metode penelitian menggunakan metode systematic literature review yang menganalisis sekitar sebelas artikel dari temuan sebelumnya mengenai MMR terhadap keterampilan berbahasa anak tunarungu. Implementasi MMR dalam pembelajaran anak tunarungu menunjukkan pengaruh berupa peningkatan yang signifikan terhadap perkembangan dan keterampilan berbahasa anak tunarungu. Hasil analisis kajian literatur bahwa implementasi Metode Maternal Reflektif dengan peran serta orangtua akan 60% lebih optimal perkembangan bahasanya dikarenakan dalam segala aktivitas anak harus dibahasakan dengan peran serta orangtua yang bekerjasama dengan guru, namun ada 40% yang menyatakan bahwa bukan hanya adanya peran orangtua saja namun ada beberapa faktor lain.

Kata Kunci : Anak tunarungu, Metode Maternal Reflektif, Perkembangan berbahasa


Published
2020-07-07
Section
Articles
Abstract Views: 174
PDF Downloads: 0